Salam Penggerak Pendidikan!

Selamat datang di Purandina College. Purandina College merupakan kampus merdeka digital yang menyediakan konten seputar pendidikan, belajar-mengajar, berita terkini pendidikan, dan bahan ajar pelajararan atau perkuliahan, hasil penelitian bidang pendidikan dan kesusastraan, buku, serta diskusi pendidikan.

Situs/blog ini dikelola dan dibina langusng oleh I Putu Yoga Purandina, M.Pd., Dosen Jurusan Dharma Acarya STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Selama ini beliau bergerak di bidang Pendidikan, terutama membicarakan tentang Pendidikan di Era 4.0, Pendidikan Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini, Kearifan Lokal, Pendidikan Bahasa Inggris (TEFL), Pendidikan Bahasa Inggris untuk Anak (TEYL), serta Lisnguistik Terapan.

Beliau merupakan lulusan dari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja. Memperoleh gelar Magister Pendidikan di bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2014. Pengalaman beliau di bidang pendidikan sudah lumayan merasakan asam garam. Beliau memulai karir mengajarnya ketika masih semester 7 Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, sebagai guru PPL Bahasa Inggris di SMK Negeri 2 Singaraja dimana beliau saat itu mengajar Bahasa Inggris untuk Vokasi (ESP: English for Hotel, English for Food and Beverage).

Beliau hampir pernah mengajar di seluruh satuan pendidikan. Pernah mengajar di SD Negeri 1 Kediri, Tabanan, SMP Negeri 2 Tabanan, SMP Negeri 1 Tabanan, SMP Negeri 3 Baturiti, SMA Negeri 1 tabanan, SMK Negeri 2 Singaraja, D1 dan D2 Kapal Pesiar Monarch Bali, Liberty College, termasuk juga mengajar kelas karyawan di Villa dan Hotel. Pernah juga menggali pengalaman di industry perhotelan. Terakhir beliu sebelum mengajar di STAH Negeri Mpu Kuturan, beliau merupakan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Dwijendra.

Walaupun beliau sekarang ini sebagai dosen, sebenarnya jiwa guru beliau masih mengalir di dalam jiwanya. Pahit getir seorang guru sebagai garda terdepan penggerak pendidikan di kalangan bawah. Walaupun sebenarnya guru dan dosen hampir sama. Dimana saat ini sebagai dosen di Jurusan Dharma Acarya (Keguruan), masih tetap sama, bergelut di dunia guru.

Beliau dilahirkan dan dibesarkan di lingkungan guru, bapak dan ibu beliau adalah seorang guru. Hampir semua keluarga dari bapak dan ibunya adalah berprofesi sebagai guru, bahkan kakek beliau merupakan seorang Sulinggih (Pendeta) dimana di Bali Sulinggih disucikan dan dihormati sebagai Guru. Dibesarkan dengan pola hidup sederhana, namun kaya dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan karakter. Ketika dewasa terinfirasi dari bapak dan berkeinginan kuat ingin menjadi guru juga.

Tujuan menjadi guru tentu tidak lain merupakan senantia mengabdi memperjuangkan pendidikan di negeri ini, mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena hanya dengan ilmu pengetahuan dan pendidika karakter, kita semua akan bisa hidup dengan penuh percaya diri, menjalankan kehidupan penuh semangat untuk mencapai kebahagiaan. Walaupun sekarang beliau menjadi dosen, beliau tetap memperjuangkan semnagat guru ini.

Maka dari itu, situs blog ini dibuat tiada lain seungguhnya hanyalah memperjuangkan semangat pendidikan di negeri ini. Memberikan pencerahan bagi halayak, siswa, mahasiswa dan umum, mengenai pendidikan terkini, berita, diskusi, penelitian, bahan ajar, buku, dan kajian sastra. Semoga nantinya bisa menjadi rujukan bagi semua penggerak pendidikan di manapun anda berjuang.

Di kampus online ini kita saling berbagi, saling memberi kuliah, siapapunboleh menjadi guru atau dosennya. Siapapun boleh menjadi siswa atau mahasiswanya. Jangan sungkan untuk bergabung dan berbagi tentang semnagat pendidikan.



Tabanan, (dalam suasana pandemic covid-19)













Comments

Post a Comment

Throw this your opinion

Popular posts from this blog

Kreativitas Kunci Sukses Guru dalam Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19

Modul Mata Kuliah Bahasa Inggris